3 Tips Menghindari Serangan Babi Hutan Saat Mendaki Gunung



Kami bukan ahli dunia binatang tahu persis karakteristiknya tapi yang jelas di gunung memang menjadi habitat hewan seperti burung, macan, monyet, rusa, kijang dan hewan lainnya termasuk babi hutan.

Beberapa Pengalaman seseorang ketika mendaki Gunung Sindoro di Jawa Tengah,  Papandayan Di Jawa Barat dan juga Taman Nasional Alas Purwo kerap kali selalu berjumpa dengan babi hutan (mungkin sudah jodoh hehehe..).

Salah satu warga Desa Kramat Wangi di Kaki Gunung Papandayan yang saya temui di persimpangan Pos Pendakian Pondok Salada, Ira (45) mengatakan dan membenarkan kemunculan babi hutan pada malam hari. Babi datang ke tenda untuk mencari makanan.  
Setelah saya pelajari dan amati hal seperti ini bisa kita hindari, karena tidak nyaman juga jika kita selalu kedatangan babi hutan. Berikut tips nya.

menyimpan makanan dengan baik 

Biasanya babi hutan datang ke tenda untuk mencari makanan, jadi setelah kamu memasak untuk makan malam, langsung simpan makanan di dalam tenda atau di gantung di dahan pohon. Sebisa mungkin, tenda jangan berantakan karena sisa-sisa makanan.

menghindari makanan yang berbau amis

Saya menghindari membawa makanan yang berbau seperti ikan sadden, karena makanan seperti ini yang memancing babi hutan daang ke tenda kita.
Sebai contoh jika sudah makan daging, pisahkan sisa tulang ke tempat yang tidak terjangkau.

berusaha untuk bersih di area kemah 

Kemah yang berantakan dengan sisa makanan dan barang yang berserakan bisa nengundang babi hutan. Saya pernah melihat babi hutang sedang berada di tumpukan sampah Persimpangan Pos Pendakian Pondok Salada dan Pos Gubber Hood pada malam hari.


EmoticonEmoticon