Seberapa Pentingnya Basecamp Buat Pendaki?



Istilah diatas yaitu Basecamp atau yang lebih dikenal ditelinga kita adalah istilah BC sudah tidak asing bagi para pendaki di indonesai bahkan di seluruh dunia setiap pendakian gunung maka aka nada istilah BC yang melekat pada gunung itu sendiri.

            Lalu apa fungsi dari Basecamp itu sendiri? Sebuah pertanyaan yang harusnya tidak perlu jawaban bagi pendaki senior, namun mungkin bagi pemula pertanyaan ini perlu untuk dijawab secara singkat dan jelas. Mungkin jawaban dari pertanyaan itu akan menyatu dengan judul dan pembahasan tulisan kali ini, yaitu seberapa pentningya BC buat Pendaki.

            BC (Basecamp) adalah sebuat tempat yang sederhana, namun begitu penting bagi para pendaki, selain digunakan sebagai tempat regristasi, basecamp juga digunakan untuk tempat singgah dan peristirahatan pendaki sebelum dan sesudah naik sebuah gunung.

            Namun fungsi yang paling penting menurut kami adalah fungsi koordinasi Antara pendaki dan pengelola jalur pendakian (yang dalam ini dibawah PERHUTANI), basecamp sebagai fungsi control manusia atas lingkungan dan hutan gunung, sehingga pendaki tidak bisa seenaknya sendiri untuk mengambil tanaman atau pohon dari hutan lindung milik Negara.

            Disamping masih banyak fungsi lain dari basecap, Yang jelas fungsi koordinasi dan komunikasilah yang menurut kami paling penting, sehingga dengan adanya basecamp hal-hal yang tidak dinginkan bisa diminimalisir, atau paling tidak ketika terjadi suatu hal yang darurat ada pihak terdekat yang siap membantu evakuasi.

         
            Silahkan tulis komantar anda tentang seberapa pentingnya Basecamp buat Pendaki. Dan jangan lupa Like dan share jika ini bermanfaat!


EmoticonEmoticon