pengertian dan penyebab gunung meletus serta cara menanggulanginya.

 

Gunung Meletus adalah salah satu sumber daya alam yang ada di dunia. Gunung adalah salah satu tonjolan yang berada di permukaan bumi. Di dalam tonjolan gunung terdapat saluran lurus berbentuk vertikal semacam pipa alami. Pipa ini menghubungkan antara perut bumi dengan permukaan Bumi.


Didalam Perut bumi berisi bermacam- macam cairan panas, seperti bataun cair dan juga magma. Suatu saat magma dan material yang ada di perut bumi akan mengalami kejenuhan yang diakibatkan oleh getaran bumi atau gempa bumi, magma yang ada di dalam perut bumi ini akan keluar ke permukaan bumi secara berkala, maka inilah yang dinamakan gunung meletus.

 

Penyebab Gunung Meletus

Beberapa hal yang bias menyebabkan gunung meletus atau penyebab gunung meletus antara lain adalah sebagai berikut:

 

Peningkatan terjadinya gempa vulkanik.

Diantara Salah satu penyebab gunung meletus adalah meningkatnya frekuensi terjadinya gempa vulkanik. Meningkatnya gempa vulkanik ditandai dengan terjadinya aktivitas yang tidak biasa pada gunung berapi. Meningkatnya terjadinya gempa vulkanik ini misalnya dengan terjadinya gempa puluhan kali yang tercatat dalam Seismograf.

Jika terjadinya gempa dan aktivitas seismik lainnya ini mengalami peningkatan selama beberapa hari, maka status gunung api tersebut harus ditingkatkan ke level waspada. dalam level waspada, maka masyarakat segera diberikan penyuluhan, akan bahaya dan juga potensi untuk naik tingkat ke level selanjutnya, agar masyarakat lebih siap dan waspada apabila sewaktu-waktu terjadi gunung meletus.

 

Pergerakan tektonik pada lapisan bumi

Pergerakan tektonik didalam bumi juga menjadi Penyebab gunung meletus. Pergerakan tektonik yang terjadi di bawah gunung, misalnya gerakan lempeng dapat menyebabkan meningkatnya tekanan pada dapur magma dan pada akhirnya akan membuat magma tersebut terdorong ke atas, dan membuat suhu di kawah akan naik.
1 2


EmoticonEmoticon