4 alasan mengapa banyak dijumpai gunung berapi di Indonesia.

 

Banyak gunung berapi yang kita jumpai di Indonesia (Baca Penyebab gunung Meletus), baik di jawa, sumatara, bali dan tempat lainnya, dan banyak dari gunung berapi yang kita jumpai di Indonesia masih dalam kondisi aktif.


Baca Juga: cara aman mendaki saat musim hujan


Dengan banyaknya gunung berapi yang kita jumpai membuat banyak pilihan bagi mereka yang hobi dengan pendakian gunung untuk mendakinya.

Selain menjadi tempat tujuan wisata alam (Baca alasan banyak yang mendaki gunung), gunung berapi yang banyak kita jumpai juga bias mendatangkan musibah bagi penduduk yang ada di sekitar gunung tersebut jika suatu ketika gunung tersebut Meletus.


 

Berikut 4 alasan mengapa banyak di jumpai gunung berapi di Indonesia:


 

Kontur daratan negara Indonesia sangat bervariasi mulai dari dataran rendah yaitu pantai, dataran sedang sebuah bukit hingga dataran tinggi pegunungan.


 

Negara Indonesia terletak diantara dua lapisan lempeng benua yang berbeda, yaitu berada diantara Lempeng Benua Asia di sebelah Barat dan Lempeng Benua Australia di sebelah Timur.


 

Negara Indonesia terletak pada jalur pertemuan sebuah lempeng dunia, sehingga banyak menghasilkan rangkaian gunung berapi.


 

Selain itu Indonesia juga dilintasi oleh dua jalur pegunungan muda, yaitu Sirkum Mediterania dan juga Sirkum Pasifik.

Secara garis besar, kontur daratan Indonesia dapat dibedakan atas daerah pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi atau daerah pegunungan. Indonesia banyak memiliki gunung dan pegunungan, hal ini dikarenakan Indonesia dilintasi oleh dua jalur pegunungan muda, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. 
1 2


EmoticonEmoticon