Tenda Dome Untuk Pendakian gunung

Baca Juga:

 

Tenda adalah tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya, menutupi dan melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung. Beberapa tenda tidak perlu berdiri diatas tanah karena ada beberapa model tenda yang menggantung di pohon.

Tenda banyak digunakan oleh tentara maupun sebagai tempat penampungan korban bencana  alam dan secara umum tenda digunakan untuk tujuan rekreasi. Tenda merupakan rumah bagi pendaki gunung, tempat kita melepas lelah setelah menempuh beberapa lama perjalanan mendaki suatu gunung, tenda juga melindungi kita dari cuaca yang kadang ektrim sekalipun.




Tenda biasanya mempunyai dua prinsip pelapisan perlindungan, yaitu dinding bagian dalam yang terbuat dari bahan yang bernafas (breathable) atau bahan non-waterproof dan dinding luar (flysheet) yang terbuat dari bahan yang anti air. Ini bertujuan mengatasi faktor kondensasi yang dihasilkan oleh tubuh dan beberapa aktifitas di dalam tenda. Kondensasi terjadi karena hawa panas yang dihasilkan oleh tubuh dan atau memasak di dalam tenda, jadi untuk mengatasi hal tersebut diperlukan dinding dalam tenda terbuat dari bahan yang non waterproof, agar hawa panas tersebut bisa keluar.

Dewasa ini di Indonesia banyak sekali beredar tenda pleton, entah itu dijual secara perseorangan dan dijual di toko-toko outdoor. Rata-rata dengan konstruksi doome tent atau pengembangan dari tunnel tent dan single hope tent, namun dari semua tenda pleton yang dijual dipasaran dewasa ini sebenarnya tidak semuanya cocok dipakai untuk mendaki gunung, ada tenda pleton yang hanya cocok dipakai camping di kaki gunung atau bahkan cocok hanya dipakai untuk camping di halaman belakang rumah.

Jenis - Jenis Tenda :














EmoticonEmoticon