Sepatu dan Sandal Mendaki Gunung

Contoh Sandal Gunung


Sepatu dan sandal untuk mendaki merupaka hal yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pendakian, banyak manfaat yang dapat dirasakan pada saat memakai perlengkapan yang benar - benar diperuntukan untuk aktifitas outdoor. Mungkin saja sahabat hiking bisa memakai perlengkapan selain perlengkapan outdoor, tetapi pasti akan mempersulit perjalanan yang akan ditempuh. Keamanan, kenyamanan dan kekuatan sepatu / sandal masing - masing produk berbeda, maka dari itu sahabat hiking harus lebih teliti dalam menentukan pilihan.



Sepatu dan sandal untuk mendaki gunung masing - masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, berikut ini sedikit info yang saya ketahui setelah membaca berbagai artikel dari teman - teman tentang kelebihan dan kekurangan sepatu / sandal untuk mendaki gunung :

Kelebihan sepatu gunung :

  • Sepatu gunung dapat melindungi kaki dari bahaya goresaan ranting, benda tajam dan lainnya
  • Keamanan kaki lebih terjamin
  • Dapat melindungi kaki dari suhu dingin
Kelebihan sandal gunung :
  • Sandal gunung lebih ringan dibandingkan sepatu gunung
  • Mudah dibawa
  • Harga lebih terjangkau
  • Dapat melewati medan / jalur yang berair
Kekurangan sepatu gunung
  • Sepatu gunung lebih berat dibandingkan sandal gunung
  • Harganya lebih mahal
  • Kesulitan pada saat menemui medan yang berair
Kekurangan sandal gunung :
  • Keamanan kaki tidak terjamin, kadang kaki bisa terkena duri, ranting dan lainnya

Sepatu gunung yang baik dan bagus adalah sepatu dengan bahan yang tebal dan tidak mudah sobek, sol yang kuat dan jenis sepatu sesuai dengan medan yang akan dilalui. Sepatu tersebut harus dapat melindungi kaki agar tidak cedera saat pendakian. Berikut ini tips memilih sepatu gunung yang baik :

1. Dari Segi Bahan
Bahan menjadi hal yang sangat penting dalam suatu produk, yang paling utama adalah bahan tersebut harus nyaman dikenakan. Bahan sepatu gunung yang baik adalah terbuat dari kulit sintetis , keuntungan bahan sepatu dari kulit sintetis adalah kuat dan memiliki sirkulasi yang baik bagi kaki. Namun terdapat kekurangannya juga, yaitu mudah pecah-pecah jika perawatan sepatunya salah. Sebaiknya hindari bahan sepatu gunung dari kanvas dan karet karena cepat sobek dan tidak melindungi kaki. Selain bahan sepatu yang terbuat dari kulit sintetis, sepatu gunung harus bersifat anti air atau waterproof, tahan goncangan dan tidak pengap. Sepatu gunung pun harus dilengkapi bantalan pada bagian dalam, yaitu dibagian leher sepatu agar nyaman digunakan dan berguna untuk melindungi pergelangan kaki.

2. Sol Sepatu
Memilih sepatu gunung berikutnya yang menjadi perhatian penting adalah sol sepatu, pilihlah sepatu gunung dengan punggung yang lebih tinggi agar dapat menancap dengan baik dipermukaan tanah. Sebaiknya pilih sepatu gunung dengan bagian tumit yang besar, lentur serta kuat, dimana terbuat dari karet ataupun sintetis. Selain itu, Pilihlah jahitan sepatu yang jahitannya kuat dan mengikuti bentuk kaki. Hal tersebut akan memberikan rasa nyaman pada kaki.

3. Jenis Sepatu
Ada beberapa jenis sepatu gunung yang banyak digunakan, yaitu sepatu yang berleher pendek, berleher sedang dan berleher tinggi. Untuk sepatu gunung berleher pendek tidak melindungi mata kaki, sehingga terkadang menyebabkan lecet. Jenis sepatu ini biasa digunakan untuk mendaki gunung dengan medan yang ringan atau sekedar olah raga outdoor. Sepatu gunung berleher sedang artinya melindungi mata kaki namun tidak keseluruhan. Apabila sepatu ini digunakan untuk mendaki gunung dengan medan terjal dan berat, maka akan menyebabkan kaki cedera dan lecet. Jenis sepatu gunung yang terakhir adalah sepatu berleher tinggi. Jenis sepatu ini sangat direkomendasikan bagi pendaki gunung karena melindungi mata kaki secara keseluruhan dan tidak akan menyebabkan lecaet atau cedera. Sepatu gunung berleher tinggi biasa digunakan untuk mendaki gunung dengan medan yang terjal dan berat.

4. Dari Segi Ukuran
Dianjurkan dalam memilih sepatu gunung sebaiknya pilih ukuran sepatu yang lebih besar agar tidak merasa sempit ketika digunakan dan akan memberi kelonggaran. Selain itu, penggunaan kaos kaki pun juga penting, sebaiknya gunakan kaos kaki dari bahan wool karena nyaman digunakan dan tebal yang membuat kaki menjadi hangat serta menyerap keringat.




EmoticonEmoticon