Beberapa Makanan yang harus dibawa saat melakukan pendakian.



Perbekalan makanan tidak sekedar soal mudah untuk dibawa dan mengenyangkan saja. Kadang sebagian dari para pendaki melupakan maslah kandungan gizi yang harus mencukupi kebutuhan tubuh mereka. Terutama bagi pendaki pemula.


Melakukan pendakian sangat menyenangkan karena bersinggungan dengan alam secara langsung dan juga bisa menyehatkan, sehingga rasa penat yang ada di kepala hilang seketika saat dalam pendakian, maka banyak orang yang menghilangkan rasa penat dengan melakukan pendakian gunung. Meskipun harus dilakukan dengan melalui medan yang susah dengan membawa beban yang berat namun pendakian tetap mengasyikkan dan menyenangkan bagi pecinta alam. karena banyak memiliki manfaat.

Selain fisik yang harus kita siapkan, hal yang penting yang harus disiapkan juga adalah perbekalan dan logistik selama pendakian. Tapi kadang masih banyak yang keliru dalam menyiapkan perbekalan.
Berikut beberapa makanan yang hendaknya di bawa saat melakukan pendakian:

Oatmeal 

Bahan makanan ini adalah sebagai pengganti dari mie instan, kadang kebanyakan dari pendaki membawa banyak bekal berupa mie instan dan melupakan oatmeal, padahal perlu di ketahui bahwa mie instan memamng praktis untuk dibawa dan mudah untuk dimasak, akan tetapi mie instan tidak cukup memiliki kandungan kaarbohidrat yang banyak.
Karena pendakian memerlukan tenaga yang banyak sehingga berbanding dengan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kita butuh makanan yang mengandung banyak kandungan karbohidrat dan praktis saat dimasukkan kedalam tas.

Sereal atau umbi


Bahan yang satu ini adalah sebagai pengganti nasi, karena sangat tidak praktis dan menyusahkan para pendaki ketika naik gunung membawa beras. Maka akan lebih praktis kita membawa sereal sebagai pengganti nasi, atau bisa juga dengan umbi-umbian diantaranya adalah kentang, karena cuaca malam sangat dingin dan persedian air tebatas maka kentang bisa menjadi solusi pengganti nasi, bisa dihidangkan dengan digoreng atau bisa juga di bakar sembari membuat api unggun.

Madu dan Cokelat


Bahan makanan ini akan membatu para pendaki ketika dalam keadaan cuaca yang tidak menentu. Madu membantu mengurangi bibir pecah-pecah, disamping itu madu juga memiliki banyak kalori yang bisa menambah kekuatan tubuh kita.
Sedangkan cokelat dapat menambah tenaga kita saat melakukan pendakian di ujung dari jalur pendakian sebuah gunung, karena biasanya ketika sudah mau sampai puncak maka perbekalan yang dibawa seminimal mungkin, sehinnga cokelat dan madu adalah barang yang ringan untuk dibawa.

Air Minum


Perbekalan logistik yang paling penting adalah air minum, karena air sangat penting digunakan untuk mengolah semua bahan makanan yang kita bawa. Disamping itu air juga bisa untuk membuat wedang jahe, kopi atau yang lainnya untuk membuat tubuh kita hangat di malam hari. Namun jangan terlalu banyak membawa air minum sehingga membebani pendakian kita, bawalah air minum secukupnya yang penting cukup untuk kebutuhan pendakian kita.

Banyak pilihan air minum yang bisa kita bawa, baik air minum yang mengandung ion, elektrolit atau yang lainnya, tapi jangan lupa air mineral harus tetap dibawa.

Demikian panduan memilih makanan untuk dibawa saat pendakian, bawalah makanan yang ringan akan tetapi memenuhi kebutuhan gizi dan energi kita saat berada di gunung. Semoga setipa pendakian yang kita lakukan berjalan aman selamat samapi tempat kembali.

Salam lestari.........


EmoticonEmoticon