CARA MENGATASI INSOMNIA

TIPS MENGATASI INSOMNIA



* Buatlah waktu tidur dan bangun yang teratur, dan tetap ikuti jadwal ini sekalipun kalian sedang libur.

* Bila tidak perlu, sebaiknya hindari tidur siang, atau sore.

Baca Juga: Perlengkapan mendaki gunung bagi pemula

* Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Bukan untuk membaca, nonton televisi, atau bahkan bekerja. Terlalu lama berada di atas tempat tidur dapat memecah-mecah siklus tidur normal.

* Mandi dengan air panas, paling baik dilakukan 1½ – 2 jam sebelum tidur. Hal ini akan mengubah irama suhu inti tubuh dan membantu untuk tertidur lebih mudah dan lebih lama. Hindari mandi beberapa saat sebelum tidur.


* Lakukan latihan fisik sebelum makan malam. Latihan fisik yang dilakukan dekat dengan jam tidur malah akan membuat kalian menjadi mudah terjaga.


* Lakukan aktivitas relaksasi sedikitnya ½ jam menjelang tidur, seperti membaca bahan yang ringan atau meditasi.

Baca Juga: Alasan Seseorang mendaki Gunung

* Jaga agar suhu kamar relatif sejuk dan memiliki ventilasi yang baik

* Saat tidur jangan melihat jam berulang kali. Kalian akan mudah terobsesi dengan waktu sehingga justru akan sukar untuk mengantuk.

* Makan malam sebaiknya ringan dan dijadwal sedikitnya 4 – 5 jam sebelum waktu tidur. Kadang-kadang makanan ringan sebelum tidur dapat membantu, namun bila kalian makan banyak sebelum tidur dapat memberi efek sebaliknya.

* Biasakan mendapat sinar matahari pagi sedikitnya ½ jam setiap hari.

* Hindari minum terlalu banyak, terutama yang mengandung kafein, sebelum tidur agar tidur tidak terganggu oleh keinginan untuk buang air kecil.

* Jika kalian masih terjaga setelah 15 atau 20 menit, pergilah ke ruangan lain yang cahayanya redup dan lakukan aktivitas ringan yang tenang. Hindari nonton televisi atau beraktivitas pada ruangan yang terang.

Artikel Terkait: Jalur Pendakian Gunung Sumbing Via Adipuro

* Metode lain yang juga dapat dilakukan adalah mengubah cara berpikir kalian. Umumnya bila sulit tidur, akan memaksa tidur sambil memejamkan mata dan berulang-ulang berpikir untuk tertidur. Lakukanlah hal sebaliknya!!! tetap buka mata kalian sambil berpikir untuk tetap terjaga (seperti hendak begadang). Kenyataannya, seringkali justru dengan berpikir untuk tetap terjaga, kalian malah akan mengantuk.

Semoga bermanfaat.




EmoticonEmoticon