Pendakian Gunung Sumbing via Prampelan Adipuro Kaliangkrik


Gunung Sumbing, sebuah gunung dengan tinggi 3.371 Mdpl dan tertinggi ketiga di pulau Jawa setelah gunung Semeru dan Slamet. Gunung ini menyimpan ragam keindahan dan pesona alam yang menarik di sekitarnya.

Gunung yang dikelilingi oleh tiga kabupaten ini, mempunyai daya Tarik tersendiri bagi mereka para penaki gunung dan pecinta alam untuk menaklukan gunung tertinggi ke tiga di pulau jawa ini. Sehingga hamper disetiap harinya dan terlebih ketika akhir pekan gunung ini menjadi destinasi para petualang dan pecinta alam untuk menghabiskan akhir mereka.

Baca juga: Gunung Dengan Pemandangan edelwis terindah 

 


Banyak pilihan untuk mendaki gunung ini, anda bisa melalui basecamp yang tersedia di tiap masing-masing kabupaten. Bagi anda yang baru mau mendaki gunung sumbing atau yang sudah pernah naik gunung sumbing, tidak ada salahnya untuk mencoba jalur pendakian baru melalui basecamp via Prampelan Adipuro.

Basecamp ini tergolong baru bila dibandingkan dengan basecamp yang ada di Kabupaten magelang, khususnya kecamatan kaliangkrik. Karena disamping jalur lewat Prampelan adipuro ada bebrepa basecamp lainnya diantaranya jalur Butuh dan jalur Mangli, ketiga BC ini akan bertemu satu arah dan satu jalur di Pos 3 pendakian gunung sumbing via kaliangkrik.

Gunung Sumbing via Prampelan Adipuro

Jalur Gunung Sumbing via Kaliangkrik ini terbilang cukup populer namun belum seramai via Garung, jalur pendakian via Kaliangkrik yang satu ini terletak di Desa Adipuro, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, jalur pendakian via Adipuro, Kaliangkrik terkenal cukup cepat untuk sampai puncak karena jalur yang lebih pendek bila di bandingkan dengan jalur lainnya dengan perkiraan jarak tempuh 5-6 jam (semua tergantung kecepatan dan kondisi). 

Untuk sampai ke basecamp ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau dengan angkitan umum, tapi akan lebih enak jika anada menggunakan kendaraan pribadi dan untuk menjamin keamanan dan bentuk layanan di jalur ini, para pendaki bisa menyewa HT (handy talky) untuk mempermudah komunikasi dengan pihak BC apa bila ada hal-hal yang tidak dinginkan.

Baca juga: Gunung terangker menurut para pendaki


Tips mendaki Gunung Sumbing via Prampelan Adipuro

Karena lokasinya yang berada di sebelah timur, jadi kamu tidak perlu sampai puncak untuk melihat sunrise, tidak seperti jalur Garung dimana kamu harus sampai puncak untuk melihat sunrise.

Menurut beberapa pengalaman pendaki, jalur via Kaliangkrik ini memiliki pemandangan terindah.

Terdapat banyak sumber air selama menuju Pos 1 dan juga terdapat pemandangan air terjun di sekitar pos 2.

Jalur ini terbilang lebih mudah dan cepat daripada jalur lainnya.

Biasanya pendaki mendirikan tenda terakhir di Pos 3 dan 4.

baca juga: Cara Packing yang benar

Itu diantara informasi jalur pendakian gunung sumbnig via Prampelan Adipuro Kaliangkrik. Tidak ada salahnya anda mencoba penadakian melalui jaur ini. 

Semoga bermanfaat, silahkan share jika berkenan........
 
 


EmoticonEmoticon